Selamat Datang..........sugeng rawuh..........wellcome......

Friday, March 23, 2012

Warrior Of Net - Film Tentang Proses Perjalanan Data

Warrior Of Net 
Film Tentang Proses Perjalanan Data








Proses Perjalanan Paket Data




Pada saat data mulai dikirim maka akan dibagi-bagi menjadi beberapa paket data agar mudah dikirim dan agar tidak terjadi penumpukan data yang bisa menyebabkan proses pengiriman lambat, proses ini dinamakan fragmentasi data.




Selanjutnya tiap paket data tersebut diberi “cap” di tiap tahapnya agar mudah untuk menggabungkan kembali atau dinamakan reassembly.
Tiap-tiap data dilengkapi atau di”cap” dengan address, kode-kode koreksi dan lain-lain dan dinamakan proses Encapsulation.
Kemudian data yang sudah diberi cap dikirim melalui Network area atau LAN Disitulah terjadi pertukaran informasi namun tidak menutup kemungkinan terjadi kecelakaan dan disini mungkin terjadi kemacetan sehingga alamat yang benar sangat diperlukan untuk menempatkan ke jalur yang benar. Sehingga diperlukan connection control dan flow control.

Untuk mendeteksi terjadinya kesalahan yang terjadi pada waktu data dikirimkan diperlukan error control.

Kemudian tahap selanjutnya paket data yang telah dibagi dan ditandai tersebut menemui Router, dia yang mengatur jalur-jalur yang benar. Dalam jalur paket, Setelah meninggalkan Router, paket-paket menuju the Router Switch yang didalam film bekerja seperti "pinball" yang melempar paket menuju dua jalur.

Kemudian setelah semua dilalui, paket menuju level berikutnya, yaitu Proxy. Proxy banyak digunakan perusahaan atau lembaga untuk mengenali atau keamanan dan untuk mengatur content data. Paket ditempatkan di ukurannya masing-masing, Melakukan pemeriksaan alamat ataupun URL mereka diperiksa satu-persatu dan label mereka dibuka. Paket yang memenuhi akan lanjut dan paket yang tidak memenuhi akan dihancurkan.

Perjalanan berikutya adalah melewati Firewall, yang berfungsi agar data yang dikirim tidak salah tujuan. Beberapa data berbahaya akan dihancurkan jika melewati tempat ini. Dan paket-paket data yang selamat meneruskan perjalanannya

Paket data selanjutnya memasuk pintu port dan dipilah-pilah berdasarkan jenisnya. port 80 misalnya untuk halaman web, 25 untuk email, dan 21 untuk file transfer protocol. Bagi data-data yang kriterianya sudah ditentukan akan hancur disini.

Setelah sampai di penerima paket yang diterima kemudian dibuka dan disusun kembali atau reassembly data dan kembali menjadi satu data yang utuh.

Kemudian paket kosong digunakan kembali untuk diisi informasi atau data yang diinginkan dan dikirimkan kembali melalui jalur yang sama.

0 comments:

Post a Comment