MAKALAH MANAJEMEN MUTU
KONSEP PELIBATAN DAN PEMBERDAYAAN
KARYAWAN
xxx
SEKOLAH TINGGI
MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
SINAR NUSANTARA
SURAKARTA
2014
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL.................................................................................... i
DAFTAR ISI................................................................................................. ii
BAB I
A. Latar
Belakang Masalah............................................................... 1
B. Perumusan
Masalah..................................................................... 1
C. Tujuan
Penulisan........................................................................... 2
BAB II
A. KONSEP
PELIBATAN DAN PEMBERDAYAAN KARYAWAN 4
B. USAHA
PEMBERDAYAAN KARYAWAN DIMULAI DARI HAL5
BAB III
A. Kesimpulan..................................................................................... 10
B. Saran................................................................................................ 10
BAB I
LATAR BELAKANG MASALAH
A.
Latar Belakang Masalah
karyawan adalah sesorang
yang ditugaskan sebagai pekerja dari sebuah perusahaan untuk melakukan
operasional perusahaan dan dia bekerja untuk digaji.
berhubungan dengan
karyawan pasti takkan lepas dari kinerja karyawan maka dan setiap perusahaan
akan selalu melakukan penilaian kinerja karyawan.
Dalam buku yang berjudul
:”Manajemen Sumber Daya Manusia”(1995:327), menurut Henry Simamora kinerja
karyawan adalah tingkat terhadap mana para karyawan mencapai
persyaratan-persyaratan pekerjaan.
B.
Perumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam makalah ini adalah
1. Konsep
pelibatan dan pemberdayaan karyawan
2. Usaha
pemberdayaan karyawan
C.
Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan dalam penulisan makalah ini
adalah
1. Dapat
mengetahui Konsep pelibatan dan pemberdayaan karyawan
2. Mengetahui
cara dalam usaha pemberdayaan karyawan
BAB II
PEMBAHASAN
A. KONSEP
PELIBATAN DAN PEMBERDAYAAN KARYAWAN
Karyawan selain merupakan asset dominan dalam organisasi
juga sebagai pemasok internal yang sangat berperan dalam menghasilkan suatu
barang atau jasa yang berkualitas.
Pelanggan internal adalah orang yang berada di
dalam perusahaan dan
memiliki pengaruh pada
performansi pekerjaan (atau
perusahaan) kita. Bagian-bagian pembelian,
produksi, penjualan, pembayaran gaji, dan karyawan, merupakan contoh
dari pelanggan internal. Sebagai misal, bagian pembayaran gaji harus memandang karyawan
yang dibayar gajinya sebagai pelanggan yang harus dipuaskan. Kebutuhan karyawan
(pelanggan internal) seperti menerima pembayaran gaji tepat waktu dan
tepat jumlah, tanpa
kesalahan administrasi, dan
lain-lain mutlak diperhatikan
oleh bagian pembayaran gaji yang dalam hal ini bertindak sebagai pemasok
internal.
Pemasok internal adalah pihak di dalam perusahaan yang
memasok sesuatu (barang /jasa/ informasi ) kepada rekan kerja yang lain dalam
perusahaan.
di dalam organisasi/perusahaan ada pelanggan internal dan
pemasok internal. Misalnya dalam suatu perusahaan penerbitan surat kabar, tugas
karyawan A adalah melakukan pemeriksaan naskah (editing), yang kemudian
hasilnya akan diserahkan kepada karyawan B yang mengatur tata letak surat kabar.
Konsep ketergantungan (depedency) seperti ini penting dalam hubungan pemasok
dan pelanggan.
Pelibatan karyawan adalah suatu proses untuk mengikut
sertakan para karyawan pada semua tingkatan organisasi dalam pembuatan
keputusan dan pemecahan masalah
Pemberdayaan dapat diartikan sebagai pelibatan karyawan
yang benar-benar berarti (signifikan). Dengan demikian, pemberdayaan tidak
hanya sekedar memberikan masukan, tetapi juga memperhatikan, mempertimbangkan,
dan menindaklanjuti masukan tersebut apakah akan diterima atau tidak. Tanpa
adanya pemberdayaan, pelibatan karyawan hanyalah merupakan alat manajemen yang
tidak ada gunanya .
Tujuan PPK untuk meningkatkan kemampuan organisasi dan
untuk memberikan nilai kepada pelanggan
karyawan
harus memahami apa makna nilai pelanggan
Menurut Kotler (2005:103) nilai pelanggan adalah selisih
nilai pelanggan total dan biaya pelanggan total dimana nilai pelanggan total
adalah sekumpulan manfaat yang diharapkan oleh pelanggan dari produk atau jasa
tertentu dan biaya pelanggan total adalah sekumpulan biaya yang diharapkan oleh
konsumen yang dikeluarkan untuk mengevaluasi, mendapatkan, menggunakan dan
membuang produk atau jasa.
B. USAHA
PEMBERDAYAAN KARYAWAN DIMULAI DARI HAL
Keinginan
manajer dan penyelia yaitu manajer tingkat bawah untuk memberi tanggung jawab
kepada karyawan.
Kesadaran
tentang tanggung jawab akan membawa dampak pada kebersamaan dalam organisasi
sehingga masing masing orang akan berusaha mencapai mutu berdasarkan jobnya dan
kemampuaannya masing masing.
Melatih
penyelia dan karyawan mengenai bagaimana cara untuk melakukan delegasi dan
menerima tanggung jawab.
Dalam
organisasi karena kesibukan masing masing dalam menjalankan tugas maka
dimungkinkan jarang terjadi komunikasi antar karyawan maupun pemimpin dengan
karyawannya. Pelatihan di samping untuk meningkatkan kemampuan karyawan
berkaitan dengan keterampilan, wawasan, dan kompetensinya, juga dapat menjadi
sarana komunikasi antar kayawan maupun pimpinan denga karyawan
Komunikasi
dan umpan balik oleh manajer dan penyelia kepada karyawan.
Komunikasi
merupakan hal yang sangat penting dalam suatu organisasi. Komunikasi yang baik
antara pimpinan, karyawan, bahkan dengan pelanggan.akan mengurangi hambatan dan
permasalahan yang ada dalam suatu organsasi. Komunikasi ini diperlukan untuk
menjalin keharmonisan, peningkatan kerjasama dalam menjalankan tugas. Jika hal
ini terbangun dengan baik maka akan berpengaruh terhadap produk darai suatu
organisasi.
Penghargaan dan pengakuan sebagai hasil dari evaluasi.
Perlu diberikan kepada karyawan sebagai tanda penghargaan terhadap kontribusi
mereka kepada perubahan
Program penghargaan penting bagi organisasi karena
mencerminkan upaya organisasi untuk mempertahankan sumber daya manusia sebagai
komponen utama dan merupakan komponen biaya yang paling penting. Disamping
pertimbangan tersebut, penghargaan juga merupakan salah satu aspek yang berarti
bagi pegawai, karena bagi individu atau pegawai besarnya penghargaan
mencerminkan ukuran nilai karya mereka
diantara para pegawai itu sendiri, keluarga, dan masyarakat (Sulistiyani
dan Rosidah, 2003).
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Setelah dibahas mengenai
konsep
pelibatan dan pemberdayaan karyawan dapat disimpulkan bahwa Usaha pemberdayaan karyawan dapat dimulai dengan:
⇒ Keinginan manajer dan penyelia untukmemberi
tanggung jawab kepd karyawan.
⇒ Melatih penyelia dan karyawan mengenai bagaimana
cara untuk melakukan
delegasi dan menerima tanggung jawab.
⇒ Komunikasi dan umpan balik oleh manajer dan
penyelia kepd karyawan.
⇒ Penghargaan dan pengakuan sebagai hasil dari
evaluasi.
B.
Saran
Setelah mengkaji tentang mengenai konsep pelibatan dan pemberdayaan karyawan maka
beberapa saran yang dapat kelompok kami sampaikan adalah :
1. Perlu
adanya sebuah penjelasan dari seorang
yang pakarnya atau orang yang terjun dibidangnya supaya dapat memahami
pentingnya pelibatan dan pemberdayaan karyawan
2. Perlu
adanya pembahasan lebih lanjut
tentang mengenai pelibatan dan pemberdayaan karyawan supaya lebih jelas dan faham
0 comments:
Post a Comment