Selamat Datang..........sugeng rawuh..........wellcome......

Sunday, June 8, 2014

contoh proposal skripsi


PROPOSAL SKRIPSI

PERANCANGAN SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS WEB DI PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI

Diajukan Sebagai Salah Satu Persyaratan
Guna memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom)



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhDoB1YW95f1JA-wJx2oGp8JdLq74BrPGqfamdZrfnChjYdhj-Fq6vnmL3g0FCiJRoPgW5v6nShy6JXGbIcejtJnDIeZmapTNg4nwOJDLc5KnwKHrmOmt4IUIRxPQTxfcugkGu61GmabLg/s320/image001.jpg




Disusun Oleh :
xxxxx
NIM : xxxxx





PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNOLOGI XXX
STT XXX
2014


BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Jaman sekarang teknologi berkembang amat pesat. Setiap saat dikembangkan perangkat – perangkat baru untuk mendukung kemudahan hidup manusia. Infrastruktur teknologi yang berkembang pun terasa bukan lagi sekedar pelengkap semata namun sudah menjadi kebutuhan, salah satunya di dunia penjualan. Teknologi yang berkembang pesat menyediakan sarana pendukung penjualan yang lebih atraktif bagi perusahaan. Salah satu sarana pendukungnya adalah e-commerce.
Banyak perusahaan penjualan di luar negeri yang sudah mengaplikasikan sistem e-commerce. Begitu pula dengan sistem perusahaan penjualan di negara kita, semuanya perlahan – lahan memulai e-commerce dan menyebarkan informasi secara atraktif sebagai alat bantu promosi.
Dengan mengaplikasikan e-commerce, dan dukungan HTML 5 dan PHP sebagai media teknologi, menjadikan proses penjualan dilakukan secara lebih mudah, efesien dan interaktif antara customer dan perusahaan. Hal inilah yang ingin dicapai oleh PT. GADIKA PUSTAKA, sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang penjualan buku. Merancang aplikasi e-commerce berbasiskan HTML 5, PHP  dan CSS 3 pada PT. GADIKA PUSTAKA.





1.2 RUANG LINGKUP
 Aplikasi yang akan dirancang adalah sistem penjualan berbasis web (e-commerce) yang membantu perusahaan agar mencapai keuntungan maksimal dari penjualan manual yang di inginkan.
Penelitian ini memiliki ruang lingkup:
1.    Informasi produk dan pemesanan berbasis web.
Konsumen dapat melihat produk dan memesan sesuai kriteria yang diinginkan. Hal ini mempermudah pelanggan untuk mengetahui informasi produk dan memudahkan dalam pemesanan.
2.    Sistem manjemen data buku.
Sistem manajemen data buku yang disimpan pada database melalui operasi insert, update, delete, dan view data yang ditampilkan melalui website.
3.    Sistem pembayaran berbasis web.
Merancang sistem untuk memfasilitasi proses konfirmasi pembayaran yang dilakukan secara transfer bank.
4.    Security.
Kami tidak membahas keamanan jaringan dalam aplikasi e-commerce yang dikembangkan.

1.3 TUJUAN PENELITIAN
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :
1.            Untuk merancang e-commerce toko buku PT. GADIKA PUSTAKA dengan PHP, HTML 5 dan CSS 3.
2.            Untuk memberikan kemudahan bagi para customer dalam mencari rekomendasi dan referensi buku.
3.            Memberikan solusi dari permasalahan penjualan manual yang terjadi di PT. GADIKA PUSTAKA.

1.4 MANFAAT PENELITIAN
Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai langkah awal untuk membangun sistem bisnis perusahaan secara menyeluruh. Program aplikasi yang dibuat juga dapat dijadikan bahan untuk penelitian lebih lanjut di bidang yang berkaitan.
Dengan penyesuaian tertentu, metode yang digunakan mungkin dapat juga dimanfaatkan untuk system penyimpanan secara umum ataupun yang berhubungan, mungkin dalam pengembangan aplikasi web dan animasi juga aplikasi-aplikasi yang masih termasuk.
1.4.1 Manfaat penelitian untuk PT. GADIKA PUSTAKA
1.         Mempermudah dalam pendataan dan pencarian buku.
2.         Memililiki data pertransaksi sebagai data banding untuk mengklarifikasi dengan hasil sebelumnya.
3.                  Mempermudah dalam mengetahui data pertransaksi yang lengkap dan komunikasi dengan toko buku.
1.4.2 Manfaat penelitian untuk konsumen
1.            Untuk memberikan fasilitas pada customer untuk melakukan posting agar memberi rekomendasi pada costumer lain.
2.            Untuk mempermudah customer dalam mengakses informasi buku dan melakukan pencarian buku.
3.            Menyediakan fasilitas order dan pembayaran secara online.
1.5  METODE PENELITIAN
Studi Pustaka
Mempelajari teknologi yang digunakan dalam pembuatan system e- commerce dan pengimplementasiannya dengan membaca buku – buku, artikel, melihat di internet, dan sumber – sumber lainnya.
Metode Perancangan
Metode perancangan yang digunakan adalah waterfall model (Pressman, 2010, p155) karena metode ini yang cocok untuk digunakan dalam memecahkan kasus yang ada di toko buku PT. GADIKA PUSTAKA.
Communication  
Wawancara, dan kuisioner dalam merancang web penjualan PT. GADIKA PUSTAKA
Planning
Tabel 1.1 Planing Penelitian
No.
Kegiatan

Bulan / tahun

Feb
2012
Feb
2012
Mar
2012
Apr
2012
May
2012
Jun
2012
1
Studi Kepustakaan






2
Penulisan Proposal






3
Pengumpulan Data






4
Pembuatan Sistem/Program






5
Pengujian Sistem






6
Penulisan Laporan Akhir







Use case
Menggambarkan siapa yang akan menggunakan sistem dan dalam cara user ingin berinteraksi dengan sistem.
Class diagram
Menggambarkan struktur sistem dengan bentuk objek.
Sequence diagram
Menggambarkan bagaimana objek  saling berinteraksi melalui pesan dalam melakukan suatu operasi atau melaksanakan use case.
Activity diagram
Digunakan untuk menggambarkan urutan aktivitas secara berurutan dari proses bisnis atau use case.
Construction
PHP : Digunakan untuk merancang website.
HTML 5 : Digunakan sebagai client side.
CSS : Digunakan dalam merancang design web.
Deployment  
PT. GADIKA PUSTAKA akan memberikan wawancara kepuasan tentang website penjualan buku, adminisator PT. GADIKA PUSTAKA  akan mendapatkan training cara menggunakan website.




1.6 SISTEMATIKA PENULISAN
      Sistematika penulisan ini merupakan gambaran umum mengenai isi dari keseluruhan pembahasan, yang bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam mengikuti alur pembahasan yang terdapat dalam penulisan makalah skripsi ini. Adapun sistematika penulisan adalah sebagai berikut :
BAB 1 : PENDAHULUAN
Berisi tentang latar belakang perusahaan yang akan diteliti yaitu PT. GADIKA PUSTAKA. Membahas permasalahan yang dihadapi, ruang lingkup permasalahan yang akan diteliti, tujuan dan manfaat yang akan dilakukan, metodelogi penelitian yang digunakan dan sistematika penulisan.
BAB 2 : LANDASAN TEORI
Berisi tentang teori dasar yang mendasari analisis dan penerapan aplikasi e-commerce pada toko buku PT. GADIKA PUSTAKA. Terdapat kutipan dari buku-buku, website, maupun sumber literatur lainnya yang mendukung penyusunan skripsi ini. Berisi pula teori-teori khusus yang berhubungan dengan aplikasi e-commerce.
BAB 3 : ANALISIS SISTEM YANG BERJALAN
Bab ini merupakan inti dari penelitian, membahas analisis sistem yang sedang berjalan pada toko buku PT. GADIKA PUSTAKA. Pada bab ini juga disertakan latar belakang, struktur organisasi, beserta tugas dan tanggung jawab masing-masing bagian.
BAB 4 : RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN
Implementasi dan evaluasi.

BAB 5 : SIMPULAN DAN SARAN
Berisi kesimpulan dari seluruh pembahasan yang dilakukan untuk menyempurnakan sistem yang ada di masa yang akan datang.
DAFTAR PUSTAKA
Daftar Pustaka merupakan keterangan tentang bacaan yang dijadikan sebagai bahan rujukan dari penulisan skripsi. Dalam daftar pustaka dapat dimasukkan tentang pustaka dari buku teks, jurnal, artikel, internet atau kumpulan karangan lain.
LAMPIRAN
Lampiran memuat : keterangan atau informasi yang diperlukan pada pelaksanaan penelitian seperti : peta, surat penelitian, kuesioner, atau data lain yang sifatnya melengkapi usulan atau proposal skripsi.


1 comments:

ash said...

Thanks for sharing!

Post a Comment